Jumat, 10 Desember 2010

ANEH BIN AJAIB, BOHONG KOK MASIH DIPERCAYA ??????

By Saleha Sumardie · Monday, 22 November 2010


1. Bohong
Mungkin setiap manusia pernah berbohong. Atau mungkin saja manusia tidak dapat menghindar dari sebuah kebohongan. Terispirasi dari sebuah kisah, sebuah diskusi dengan beberapa teman. Saya mencoba untuk menulis hal yang saya ketahui dan sekiranya tulisan ini menjadi sebuah renungan buat kita semua. 
Bohong adalah lawan kata dari jujur, yaitu mengungkapkan kebenaran apa adanya tanpa ditutup-tutupi. Bohong berarti sebuah ungkapan untuk melebih-lebihkan, menambah-nambah atau mengurang-ngurangi sebuah peristiwa yang sebenarnya terjadi. Kenyataannya, bohong merupakan sebuah kemaksiatan. Artinya berbohong merupakan salah satu perbuatan yang dilarang agama (Islam) dan bagi yang melakukannya akan berdosa.

2. Bohong yang dibolehkan
Dalam cerita anak-anak, dikisahkan kalau hidung pinokio akan memanjang jika ketahuan bohong.  Ini hanyalah kisah simbolik kisah kalau berbohong merupakan perbuatan tercela yang pasti ketahuan dan membuatnya malu dikemudian hari.
Namun ada saat-saat tertentu, berbohong pun ternyata diperbolehkan loh. Ini seperti yang tertuang dalam Hadist Rasulullah. Rasulullah bersabda bahwa ada tiga jenis bohong yang diperbolehkan, malah menjadi wajib dalam situasi dan kondisi tertentu. Misalnya :

2.1. Seseorang dalam rangka mendamaikan dua orang saudaranya yang sedang bermusuhan. 
2.2. Bohong yang dilakukan suami untuk menyenangkan istrinya atau bohong yang dilakukan istri untuk menyenangkan suaminya.
2.3. Bohong untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang terancam. 

3. Kebohongan di Dunia Maya
Dari hal-hal yang sudah dipaparkan diatas. Ada sebuah penelitian, yang mungkin teman - teman sudah sangat tahu. Namun terkadang sebagian kecil dari kita masih dapat terlupakan dengan kebohongan yang ada, yaitu kebohongan di dunia maya.
Banyak orang berkata, Penipuan di Internet? Ah, itu sih biasa, dunia maya emang tempat bercokolnya para penipu dan pembohong kan?
Ingatlah kawan ...... !!
Hal - hal yang tidak biasa bisa menjadi sebuah kebiasaan, dan kebiasaan akan menjadi sebuah karakter, dan karakter yang  buruk akan membunuh sebuah keimanan, keimanan yang hilang akan menghancurkan akidah.
a'udzubillahminzalid..
Kawan ...
Saya pernah membaca sebuah angket pertanyaan, disalah satu site net, blog detik, dengan pertanyaan, " Apa untungnya bohong di dunia maya? ". Dan salah satu jawaban yang membuat saya tertarik jawaban dari salah seorang pria, yaitu :
  • Privasi aman. 
  • Banyak kenalan cewex cakep 
  • Di sanjung orang lain. 
  • Makin PD.
  • Manipulasi keadaan 
  • Suka hal yg tak terlintas dipikirannya.
  • Di gemari banyak orang.
Dan pertanyaan selanjutnya untuk pria tersebut adalah, " Bagaimana memanipulasi keadaan untuk meraih semua jawaban itu?"
Pria tersebut menjawab, " Biasanya namanya cewex tuh suka dibohongin. Cewek tuh pakenya perasaan sih. Kita bilang, kita belum kerja, orang ga punya, atau kita punya penyakit yang mematikan, waaahhh.. pasti deh, cewek-cewek klepek-klepek n nempel kaya perangko. "
Innalillahi wainnalillahi rajiun..
Sudahkah hilang rasa pada diri seseorang???
sehingga mampu memanipulasi keadaan yang baik menjadi tidak baik untuk sebuah kesenangan.
Sudah hilangkah cinta kita yang agung kepada Allah??
Sehingga manusia mampu memanipulasi kenyataan menjadi sebuah mimpi.
Teman-teman..
Ini hanya sebuah tulisan. Sekiranya tulisan ini menjadi sebuah bahan perenungan untuk saya. Dan sekiranya baik untuk teman-teman, ingatlah tulisan ini sebagai bentuk muhasabah diri.

3 komentar:

  1. bagus, wawasan yg mengilhami

    BalasHapus
  2. hmmmm.....waspada selalu, terutama pada teman dunia maya yang selalu menceritakan kemalangan dirinya sendiri (kisah termehek-meheknya)bisa jadi.....ITU BOHONG. walaupun tidak semua teman dunia maya bohong....banyak dari mereka juga baik...bahkan layaknya seperti saudara. akan tetapi kewaspadaan harus tetap ada pada diri kita

    BalasHapus
  3. juu.. say..
    banyak termehek2 di dunia maya. tpkan bs bwt hiburan kita say. kita tertawa berdua, ga henti2nya.. yyuuuuukk kita teruskan penjelajahan kita mencari kisah termehek2 di dunia maya hahaha

    BalasHapus